Monica Lusiana, Mahasiswa UBL Berprestasi Hingga Tingkat Internasional

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

University of Kitakyushu Student Exchange and Research Program atau yang biasa disingkat UK-SERP merupakan program pertukaran pelajar yang diadakan setiap tahun serta melibatkan beberapa negara asia seperti Vietnam, Thailand, China, Indonesia dan tentunya Jepang itu sendiri. Monica Lusiana bersama temannya Miranda Febliya Hanan terpilih menjadi perwakilan Lampung dan Indonesia dalam program UK-SERP tersebut selama 6 bulan di Universitas Kitakyushu, Jepang.

Selain mengikuti proses perkuliahan selama enam bulan di Universitas Kitakyushu Jepang, adapun kegiatan lainnya yang di ikuti seperti Program Bamboo Preservation Activity, Penampilan Angklung dan mengunjungi Bart Laboratory. Monica pun turut mengikuti kompetisi desain mahasiswa tingkat internasional, Asian Institute of Low Carbon Design (AILCD) dan International Conference. AILCD adalah organisasi nirlaba berbasis akademik yang dibuat sebagai jaringan mahasiswa, peneliti, dan universitas, terutama di Asia untuk meningkatkan pengetahuan bidang studi atau pekerjaan yang terkait dengan lingkungan. Program tersebut adalah program yang diprakarsai oleh Universitas Kitakyushu Jepang untuk membahas masalah penyusutan perkotaan di daerah Mojiko, Kitakyushu. Kompetisi ini mengharuskan peserta untuk mendesain ulang lanskap kota dan membuat proposal untuk proyek perkotaan rendah karbon di daerah ini.

Di kompetisi yang diikuti Monica dan tim, mereka berhasil mendapatkan Juara 1, Juara 2, Juara 3, dan Juara Harapan. Perolehan Prestasi ini membuat Prodi Arsitektur UBL kembali mengukir tren juara sejak 2016 pada kompetisi desain di University of Kitakyushu Jepang.