Mahasiswa Ubl Siap Menuju Pomnas Kejuaraan Catur

Universitas Bandar Lampung (UBL) patut berbangga atas prestasi yang diraih Via Lastiningtyas, Mahasiswi semester pertama Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Poitik (FISIP) UBL. Pasalnya, Via berhasil lolos dalam Seleksi Kejuaraan Pekan Olahraga Mahasiswa Daerah (POMDA) Lampung, Cabang Olahraga Catur yang diselenggarakan pada Jum’at minggu lalu (20/9) di Aula Gedung F, Kampus A UBL.

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Drs. Thontowie Dauli, M.S., menyatakan bahwa sebelumnya, UBL didelegasikan sebagai Tuan Rumah oleh Badan Pemuda dan Olahraga Mahasiswa Indonesia (BAPOMI), Lampung untuk menyelenggarakan penyeleksian Kejuaraan POMDA Lampung cabang olahraga catur ini.

“Dalam seleksi yang diikuti puluhan Mahasiswa perwakilan dari seluruh Perguruan Tinggi Negeri maupun Swasta di Lampung ini, Via berhasil menjadi Juara Pertama dan meraih Thropy Rektor UBL serta terpilih sebagai salah satu peserta yangmengikuti Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (POMNAS) ke-13 pada 24 November 2013 hingga 1 Desember 2013 mendatang yang akan diselenggarakan di Yogyakarta,” ungkap Thontowie.

Sementara itu, ditemui usai menerima Trophy Rektor UBL, Via menuturkan bahwa dirinya mengaku bangga dapat menjuarai penyeleksian Cabang Olahraga Catur dalam POMDA Lampung ini serta dapat mewakili UBL dalam POMNAS di Yogyakarta mulai November mendatang.

Sedangkan Kepala Biro Kemahasiswaan dan Hubungan Alumni, Dra. Yulfriwini, M.T., menjelaskan penyeleksian dilaksanakan sejak Kamis (19/9) hingga Jum’at (20/9).

“UBL sangat mendukung berbagai kegiatan baik akademik maupun non akademik Mahasiswa melalui pendirian Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang salah satunya terdapat UKM Olahraga Catur sebagai wadah bagi Mahasiswa yang memiliki hobi pada cabang olahraga catur untuk melatih bakatnya,” ujar Yulfriwini.

Ditambahkan Yulfriwini, kegiatan ini dapat dimanfaatkan mahasiswa sebagai sarana untuk menjalin persaudaraan antar mahasiswa lainnya di seluruh Provinsi Lampung. Olahraga catur ini nerupakan kegiatan yang positif dan diharapkan olahraga catur ini dapat menjadi motivasi bagi mahasiswa untuk meraih prestasi.

Selanjutnya, Ketua Pelaksana Kegiatan Seleksi POMDA Catur Lampung, Prajawantoro S.E, M.M., yang juga sebagai Pembina UKM Olahraga Catur menyatakan tujuan diselenggarakannya Kejuaraan Olahraga Catur ini untuk membantu Pemerintah dalam memasyarakatkan Olahraga Catur secara umum, khususnya dilingkungan Universitas.

Selain itu, kegiatan ini juga bertujuan untuk memperbanyak even bertanding bagi para atlet catur khususnya dilingkungan mahasiswa, serta dalam rangka penyeleksian atlet Catur berbakat untuk berkompetisi dalam POMNAS ke 13 di Yogyakarta.

“Seleksi Kejuaraan Cabang OlahragaCatur ini diikuti oleh puluhan Mahasiswa perwakilan dari seluruh Perguruan Tinggi, beberapa diantaranya UBL, Universitas Lampung (Unila), Teknokrat, Universitas Tulang Bawang (UTB) dan IAIN. Dalam penyeleksian Kejuaraan POMDA Lampung, Cabang Olahraga Catur ini menggunakan Sistem Swiss 6 Babak dan dibagi kategori putra dan putri,” terang Praja.