Kolaborasi UBL dalam Workshop Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

Pada hakikatnya pengembangan kurikulum itu merupakan usaha untuk mencari bagaimana rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran yang sesuai dengan perkembangan dan kebutuhan untuk mencapai tujuan tertentu dalam suatu lembaga. Pengembangan kurikulum di arahkan pada pencapaian nilai-nilai umum, konsep-konsep, masalah dan keterampilan yang akan menjadi isi kurikulum yang disusun dengan fokus pada nilai-nilai tadi.

Dalam Era Distrupsi dimana dunia pendidikan menjadi objek utama yang mengalami banyak sekali perubahan yang sangat drastis, menuntut Universitas untuk membangun kurikulum yang dinamis dan dapat membentuk para lulusan agar sejalan dengan perubahan yang ada.

Universitas Bandar Lampung Berkolaborasi dengan Universitas Kirsten Krida Wacana (UKRIDA), Institut Teknologi Kalimantan, dan Universitas Dhayana Pura – Bali, mengadakan workshop Pengemembangan Kurikulum Berbasis KKNI, SNDikti untuk mendukung program merdeka belajar, warna yang dominan adalah bagaimana mengakomodir Revolustri Industri 4.o dalam kurikulum dan metode pembelajaran.

Workshop ini menghadirkan pembicara pembicara hebat, dari masing masing Universitas, dimana salah satunya Direktur Program MBKM Universitas Bandar Lampung, Yanuar Dwi Prasetyo S.Pdi., M.A., Ph.D memberikan pemaparan secara gamblang bagaimana strategi dalam penerapan kurikulum merdeka belajar dan bagaimana menjamin mutu kegiatan, agar mahasiswa yang mengikuti program merdeka belajar sesuai dengan standar pendidikan yang di tentukan oleh program studi.

Workshop ini akan berlangsung selama tiga hari, berikut adalah jadwal kegiatan workshop yang di ikuti oleh Dekan, Kepala Program Studi serta dosen dalam 4 Univertitas Tersebut. di harapkan workshop ini akan mampu melahirkan kurikulum yang dapat mendukung kegiatan Merdeka Belajar dengan sebaik mungkin. (ccs)