Kolaborasi Internasional UBL – Institute for Global Enviromental Strategies (IGES) Kitakyushu Urban Center (KUC), Jepang

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

BANDARLAMPUNG. Hari Kamis, 22 April 2021 siang telah diselenggarakan Networking Meeting antara Universitas Bandar Lampung (UBL) dengan Institute for Global Environmental Strategies (IGES) Jepang.

Tim UBL terdiri dari Wakil Rektor 1 Dr. Ir. Hery Riyanto, Kepala UBL International Office Susanto, PhD, dan Yanuar Dwi Prastyo, PhD selaku Direktur Unit Program Merdeka Belajar – Kampus Merdeka (MBKM) UBL serta Kepala UBL SDGs Center Dr.Eng. Fritz Akhmad Nuzir.

Hadir pula para Dekan, Ketua Program Studi, Kepala PPIK UBL Indriyati Gultom, Kepala LPPM UBL Hendri Dunan serta kepala pusat studi lainnya.

Sementara dari IGES hadir tim dari Kitakyushu Urban Center (KUC) yang diwakili oleh Programme Manager Junko Akagi, peneliti Junko Ota, Akiko Hiratsuka, dan Fedor Myasoedov.

Pada pertemuan ini dibicarakan tentang profil dan potensi masing-masing. Kemudian dilanjutkan dengan pembahasan peluang kolaborasi melalui Tridharma Perguruan Tinggi: pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat yang akan didesiminasikan melalui publikasi ilmiah.

Tema-tema yang menjadi prioritas kerjasama antara lain: SDGs, pembangunan Zero Carbon, kebijakan perubahan iklim, dan pengelolaan sampah.

Kedua lembaga sepakat untuk berperan aktif dalam pembangunan berkelanjutan dengan melibatkan multistakeholder: swasta, pemerintah daerah, akademisi, komunitas, dan media.