Keluarga Besar UBL Rayakan Idul Adha Bersama

 

Universitas Bandar Lampung (UBL) menyambut Hari Raya Idul Adha atau yang juga dikenal sebagai Hari Raya Qurban ini bersama seluruh keluarga besar pada Selasa(15/10), kemarin di lingkungan UBL Rektor UBL menuturkan bahwa kebersamaan dalam merayakan hari besar ini sebagai upaya untuk mempererat tali silaturahmi antarseluruh keuarga besar UBL khususnya Sivitas Akademika UBL.

“Kebersamaan ini tentunya dapat mempererat tali silaturahmi dan sekaligus sebagai momen yang tepat untuk berbagi kepada sesame,” ujar Rektor UBL.

Sementara itu, Kepala Biro Pembinaan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (PP-SDM) UBL, Drs. Nur Wiyoto, M.Si., menyatakan bahwa kebersamaan ini merupakan kegiatan rutin yang diselenggarakan UBL setiap Hari Raya baik Idul Fitri maupun Idul Adha.

“Kegiatan kebersamaan ini meliputi Shalat Ied bersama dan berqurban bersama di lingkungan UBL,”terangnya.

Nur juga menambahkan bahwa dalam kegiatan ini, shalat Idul Adha diimami oleh Ardansyah, S.E., M.M., dan khutbah yang disampaikan oleh Dr. H. M. Achmad Subing, S.E., M.Si.

“Selain shalat Ied bersama, keluarga besar UBL juga mengurbankan sebanyak tiga ekor sapid an tiga ekor kambing. Hewan qurban ini dibagikan kepada seluruh Dosen dan Karyawan UBL serta masyarakat di sekitar lingkungan UBL,” jelas Nur.

Dalam perayaan Hari Raya Idul Adha yang bertema pengorbanan atas dasar cinta ini, Khotib menyampaikan dalam khutbahnya bahwa pengorbanan itu harus didasarkan rasa cinta kepada Allah karena segala sesuatu harus didasarkan kepada Allah. Seperti kisah Nabi Ibrahim yang mengurbankan anaknya Nabi Ismail karena rasa cinta kepada Allah. Melalui pengurbanan yang ikhlas diharapkan mampu mengalahkan nafsu sehingga dapat selamat dari murka Allah.

“Hikmah Hari Raya Qurban yang dapat dipetik adalah ketauhidan manusia diuji dengan rasa keikhlasan berbagi kepada yang membutuhkan,” ungkap Achmad Subing sebelum menutup Khutbahnya.