HMIK UBL Kembali Helat Workshop Produksi Film Pendek 2014

Himpunan Mahasiswa Ilmu Komunikasi (HMIK) Universitas Bandar Lampung (UBL) bersama Lembaga Pendidikan Profesi Seni (LP2S) kembali menyelenggarakan Workshop Produksi Film Pendek 2014 pada Selasa kemarin (29/5) di Aula Gedung Rektorat UBL sebagai salah satu kegiatan dari Kreativitas Mahasiswa Ilmu Komunikasi (KREMASI). Kegiatan ini sebagai sarana pengembangan kreativitas bagi mahasiswa khususnya Program Studi Ilmu Komunikasi yang dituntut tidak hanya menguasai bidang jurnalistik, public relation dan fotografi tetapi juga menguasai semua bidang ilmu komunikasi. Demikian ungkap Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) UBL, Prof. Dr. Khomsahrial Romli, M.Si.

“Kegiatan workshop di bidang jurnalistik, fotografi dan public relation ini tentunya sangat menunjang kegiatan akademik di UBL sehingga ketiga bidang ini harus mensinergikan antara teori dan implementasinya. Diharapkan, melalui HMIK ini, wawasan dan pengetahuan mahasiswa terus-menerus bertambah,” terang Dekan FISIP UBL.

Senada, Dosen Pembina mata kuliah Event Manajemen, Noning Verawati, S.Sos., MA., juga mengungkapkan, kegiatan workshop ini merupakan hasil dari implementasi mata kuliah Event Manajemen. Mahasiswa Ilmu Komunikasi harus pandai mengaplikasikan fungsi-fungsi manajemen seperti planning, organizing, actuating dan controling saat menyelenggarakan setiap kegiatan.

“ Selain implementasi dari mata kuliah Event Manajemensoftskill mahasiswa juga lebih ditingkatkan sehingga mahasiswa siap menghadapi dunia kerja. Teori dan implementasi harus seimbang dan sinergi sehingga mahasiswa Ilmu Komunikasi terus termotivasi dalam menghasilkan sebuah karya,” ujarnya

Sementara itu, Ketua Pelaksana kegiatan sekaligus Ketua HMIK UBL, Putri Maya Gita Kencana menjelaskan bahwa KREMASI merupakan kelanjutan dari kegiatan Gelaran Kreatifitas Ilmu Komunikasi (GRAVITASI) yang dibentuk pada tahun 2013 lalu. Selain workshop di bidang film, kegiatan ini juga meliputi agenda pemutaran film pendek, cara pembuatan film, pameran foto dan bazaar.

“Kegiatan KREMASI ini sangat bermanfaat dalam penambahan wawasan khususnya pada bidang perfilman. Melalui kegiatan ini diharapkan para mahasiswa khususnya Program Studi Ilmu Komunikasi UBL dapat memproduksi film yang berkualitas, baik film pendek maupun film berdurasi panjang sehingga dapat bersaing dalam ajang kompetisi seperti Festival Film Pendek, Festival Film Indie hingga Festival Film Internasional,” terang Gita saat ditemui usai kegiatan berlangsung.