HIMA Negara UBL Helat Seminar Peluang Kerja Lulusan Administrasi Negara & Niaga

Friday, 14 June 2013 08:58

 

Himpunan Mahasiswa Program Studi Ilmu Administrasi Negara (HIMA) Fakultas Ilmu Sosial dan ilmu Politik (FISIP) Universitas Bandar Lampung (UBL) menghelat Seminat Peluang Kerja Lulusan Administrasi Negara dan Administrasi Niaga dengan menghadirkan pemateri dari Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Lampung, Ir. Yuliastuti, MTA., dan dari Biro Organisasi Provinsi Lampung, Wiryono, S.H., M.H., di Aula Gedung Rektorat UBL pada Rabu pagi (12/6) lalu.

Ketua Program Studi Ilmu Administrasi Negara, Dr. Ida Farida, M.Si., menuturkan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk memberikan wawasan dan pengetahuan kepada mahasiswa mengenai peluang kerja lulusan Administrasi Negara dan Niaga tidak hanya di lingkup Pemerintahan Kabupaten/ Kota dan Provinsi tetapi juga di lingkup non-pemerintahan atau swasta.

“Peluang kerja lulusan Administrasi Negara maupun Niaga sangatlah luas karena bidang ilmu yang dipelajari dalam kedua Program Studi ini berkaitan dengan semua bidang ilmu,” tutur Ida.

Senada, Yuliastuti, dari BKD Provinsi Lampung menjelaskan peluang kerja bagi sarjana lulusan Administrasi Negara dan Niaga sangat luas karena dalam semua lingkup baik pemerintahan maupun perusahaan swasta membutuhkan tenaga yang handal dalam hal administrasi.

“Sarjana administrasi dibutuhkan di setiap lini. Semua hal yang menyangkut kegiatan pemerintahan termasuk didalamnya administrasi yang berupa aturan-aturan bagi penyelenggara negara sebagai pelayan publik dipelajari di Ilmu Administrasi Negara. Sedangkan lulusan Ilmu Administrasi Niaga yang lingkupnya lebih ke bisnis atau perniagaan juga memiliki peluang yang luas karena selain bisa bekerja di Pemerintahan juga bisa di perusahaan swasta,” terang Yuliastuti.

Sementara itu, dalam seminar yang dihadiri Dekan FISIP UBL, Ketua Program Studi Ilmu Administrasi Negara, Ilmu Administrasi Niaga, dan Ilmu Komunikasi, serta Mahasiswa FISIP UBL dan beberapa perwakilan mahasiswa undangan dari seluruh Universitas di Provinsi Lampung, Wiryono dari Biro Organisasi Provinsi Lampung menyampaikan peluang kerja bagi sarjana lulusan Administrasi Negara maupun Niaga tidak hanya terfokus pada Pemerintahan saja tetapi di perusahaan swasta juga memiliki peluang yang luas.

“Peluang kerja bagi sarjana lulusan Administrasi Negara maupun Niaga tidak hanya terfokus di Pemerintahan sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS) tetapi juga memiliki peluang yang cukup luas di sektor swasta karena lingkup materi yang dipelajari mencakup semua bidang ilmu,” terang Wiryono dalam pemaparan materinya di hadapan seluruh peserta.