Gelar Aksi Donor Darah, UBL: Wujud Bakti Sosial Kepada Masyarakat

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

Bandar Lampung – Dalam rangkaian Dies Natalis Universitas Bandar Lampung (UBL) ke-50, UBL bersama Palang Merah Indonesia (PMI) Provinsi Lampung menggelar aksi donor darah, Kamis (13/01/2021) yang dimulai pukul 08.00 WIB di gedung Fakultas Ekonomi dan Bisnis UBL.

Aksi donor darah ini diawali dengan sambutan oleh Wakil Rektor I sekaligus ketua penyelenggara kegiatan Dies Natalis UBL, Hery Riyanto dan Kepala Pengelolaan Donor Darah PMI, Sri Berdikari.

Kegiatan dibuka langsung oleh Rektor UBL, M. Yusuf S. Barusman. Dalam sambutannya ia menyampaikan bahwa aksi donor darah ini adalah salah satu wujud bakti sosial UBL kepada masyarakat dan merupakan bagian dari serangkaian kegiatan Dies Natalis UBL ke-50.

“Saya sangat mendukung apabila kegiatan donor darah ini dilakukan secara rutin di UBL. Selain bermanfaat bagi yang membutuhkan darah, ini juga bermanfaat untuk kesehatan bagi yang mendonorkannya,” ujarnya.

Kegiatan dilanjutkan dengan penyerahan plakat oleh Kepala Pengelolaan Donor Darah PMI kepada Rektor UBL.

Sementara itu Hery Riyanto menambahkan bahwa kegiatan ini menargetkan 100 kantong darah dengan harapan juga dapat memasyarakatkan donor darah, menyelamatkan orang dengan darah kita dan kita menjadi sehat. “Saya menyarankan kepada generasi muda agar rajin donor,” ungkap Hery.

Kegiatan ini disambut baik dengan antusias dari sivitas akademika UBL untuk mendonorkan darahnya. Sebelum dilakukan pengambilan darah untuk donor, peserta yang mendaftar harus mengikuti proses screening. Pada tahapan itu, petugas medis menanyakan dan memeriksa sejumlah kriteria pengambilan donor darah seperti tensi darah dan syarat-syarat lainnya.