Galakkan Mutu Pendidikan, UBL Wisuda 450 Lulusan

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

Universitas Bandar Lampung (UBL) mendukung langkah pemerintah dalam meningkatkan taraf pendidikan masyarakat Indonesia yakni dengan melaksanakan berbagai program pendukung, diantaranya dengan memberikan beasiswa kepada masyarakat, khususnya calon mahasiswa program strata satu (S-1) yaitu dengan Program Beasiswa SPMB (Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru) yang merupakan kerjasama antara beberapa perguruan tinggi Swasta di Indonesia dengan Perhimpunan SPMB Nusantara yang memberikan kesempatan bagi pada lulusan SMA/SMK yang memiliki prestasi,  kedua adalah program Beasiswa PB-PAB (Program Beasiswa Peduli Anak Bangsa) yang diberikan bagi calon mahasiswa kurang mampu. Selain program beasiswa tersebut UBL juga memberikan beasiswa dari Yayasan Administrasi Lampung (YAL). Demikian diungkapan Ir. M. Yusuf S. Barusman dalam pidato sambutan pada acara wisuda lulusan program Pascasarjana dan Program Sarjana Periode Juni di Kampus A, UBL hari ini, Rabu ( 1/6).

 

Menurut Yusuf, program beasiswa ini bukan pertama kali dilakukan, tetapi sudah menjadi kontinuitas dari UBL untuk berkomitmen pada peningkatan mutu pendidikan yang sudah digalakkan pemerintah. ‘’Beasiswa yang sudah kami laksakan ini sudah banyak membantu untuk calon mahasiswa yang memang memiliki niat untuk melanjutkan jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Hingga data terakhir yang ada, beasiswa SPMB tahun ini sudah diberikan kepada 21 orang, program beasiswa PB-PAB sebanyak 318 orang dan beasiswa YAL sebanyak 54 orang’’, ungkap Yusuf.

Selain beasiswa yang diberikan kepada calon mahasiswa sebagai bentuk komitmen terhadap peningkatan mutu pendidikan di Indonenia, Universitas Bandar Lampung juga terus melakukan peningkatan mutu pendidikan dengan beberapa langkah pengembangan seperti memberikan kesempatan bagi para dosen di lingkungan universitas untuk melanjutkan S-3 dan menggelar beberapa kegiatan seperti workshop, seminar, dan academic day. Bahkan untuk menjaga kualitas lulusan yang sesuai dengan standar mutu baik nasional maupun internasional, Universitas Bandar Lampung membentuk Lembaga Sistem Penjaminan Mutu, yang bertujuan untuk mendesaign sistem penjaminan mutu, melakukan monitor dan mengevaluasi kegiatan penjaminan mutu dilingkungan UBL. ‘’Salah satu wujud keberhasilan dalam pengembangan dan peningkatan kualitas adalah dengan tersertifikasinya Fakultas Ilmu Komputer dengan standar Internasional ISO 9001:2008 yang diberikan dalam bidang Manajemen of Education yang diperoleh bulan April lalu,’’ papar Yusuf.

Dalam kesempatan ini Yusuf menambahkan, pendidikan tinggi sangat penting dilakukan karena merupakan pendidikan formal yang diarahkan pada penguasaan dan pengembangan disiplin ilmu pengetahuan, teknologi yang kedepan bisa disebarluaskan kepada masyarakat, sehingga dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat  dan daya saing bangsa.

Pada periode wisuda periode Juni, diikuti oleh 450 orang, 250 dari Program Pascasarjana, dengan rincian 162 dari Program Studi Magister Manajemen, 74 orang dari Program Studi Magister Hukum, 14 orang dari Program Studi Magister Teknik, dan 200 orang dari Program Sarjana (S-1) dengan rincian 107 dari Fakultas Ekonomi, 9 orang dari Fakultas Teknik, 72 orang dari Fakultas Hukum Program Studi Ilmu Hukum, 8 orang dari Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, dan 4 orang dari Fakultas Ilmu Komputer. Sementara itu, untuk lulusan yang meraih IPK tertinggi diraih  Adi Chandra, SP., MM dengan IPK 3,95,  dari Program Studi Magister Manajemen, Drs. Mislan MH, dengan IPK 4.00 dari Program Studi Magister Hukum dan Ir. Kristian M. Warella, MT, dengan IPK 3, 69 dari Program Studi Magister Teknik. Sedangkan dari program S-1, IPK tertinggi diraih Gatot Suntoso, SE dengan IPK 3,96 dari Fakultas Ekonomi program Studi Akuntanis,  Yurika Wijaya, SE dari Fakultas Ekonomi Program Studi Manajemen dengan IPK 3,85, Harry Kurniawan, SE dari Fakultas Hukum Program Studi Ilmu dengan IPK 3,90, Eka Fuji Astuti, S. Kom dari Fakultas Ilmu Komputer Program Studi Sistem Informasi dengan IPK 3,16, Patra Deskarma, ST dari Fakultas Teknik Program Studi Teknik Mesin dengan IPK 2,68, dan Nazmawati, S. Sos dari Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Program Studi Administrasi Niaga dengan IPK 3,58. (Vra).