FE UBL Bersiap Tranformasi Publikasi Karya Ilmiah

Monday, 11 March 2013 10:08
Program Studi Ekonomi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Bandar Lampung (UBL) menyelenggarakan kegiatan Penulisan Karya Ilmiah Jurnal bagi seluruh Sivitas Akademika UBL khususnya Mahasiswa pada Rabu (6/3) lalu bertempat di Aula Gedung F UBL. Dekan Fakultas Ekonomi, Andala Rama Putra Barusman, S.E., M.AEc., menuturkan bahwa kegiatan ini merupakan agenda rutin yang diselenggarakan Fakultas Ekonomi pada setiap semester.

“Sesuai dengan peraturan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Dikti) tentang kewajiban Mahasiswa lulusan Perguruan Tinggi di seluruh Indonesia untuk menerbitkan hasil karya ilmiah berupa skripsi dalam bentuk jurnal ilmiah secara online maka kegiatan ini UBL selenggarakan dengan tujuan untuk memberikan wawasan kepada Mahasiswa mengenai teknik mentransformasi karya ilmiah berupa Skripsi ke dalam bentuk jurnal ilmiah,” papar Dekan Fakultas Ekonomi UBL.

Senada dengan pernyataan tersebut, Ketua Program Studi Ekonomi Manajemen UBL, Dr. Alex Tribuana Sutanto, S.T., M.M., menyatakan bahwa kegiatan ini merupakan media bagi Mahasiswa untuk dapat mengetahui proses atau cara bagaimana mentransformasi karya ilmiah berupa Skripsi ke dalam bentuk jurnal ilmiah.

“Melalui kegiatan Penulisan Karya Ilmiah Jurnal ini, diharapkan dapat melatih mahasiswa untuk mentransfomasikan skripsi mereka ke dalam bentuk jurnal ilmiah untuk memenuhi tuntutan Dikti tersebut,” ungkap Alex.

Lebih lanjut Alex mengatakan, besar harapannya, melalui kegiatan ini, di dalam diri mahasiswa muncul jiwa penelitian yang besar sehingga mahasiswa dapat menerbitkan karya ilmiah jurnal hasil karyanya tersebut yang sesuai dengan kaidah-kaidah penelitian yang baik.

Dalam kegiatan Penulisan Karya Ilmiah Jurnal ini, materi disampaikan oleh Dosen Fakyltas Ekonomi, Sapmaya Wulan, S.E., M.S., yang menyampaikan mengenai aturan dalam penulisan jurnal ilmiah dan teknik atau tata cara mentransfomasi skripsi ke dalam bentuk jurnal ilmiah.

Selain dihadiri oleh Dekan Fakultas Ekonomi dan Ketua Program Studi Ekonomi Manajemen, peserta dalam kegiatan ini diiantaranya Dosen Fakultas Ekonomi dan Mahasiswa semester akhir yang sedang menyusun skripsi dan hendak menjalani ujian komprehensif.

Alex juga menambahkan selain menyelengarakan kegiatan Penulisan Karya Ilmiah Jurnal, agenda rutin Fakultas Ekonomi UBL diantaranya Academic Day dengan pemateri Dosen dan Mahasiswa dan Research Day oleh Dosen UBL pada setiap minggunya.