Dosen UBL Terbaik se-Kopertis Wilayah II

Universitas Bandar Lampung (UBL) patut berbangga atas diraihnya prestasi gemilang oleh Dosen Program Studi Teknik Sipil Fakultas Teknik, Ir. Lilies Widoyoko, M.T. yang dinobatkan sebagai Dosen terbaik se-Kopertis Wilayah II, Palembang dalam penyeleksian Dosen Berprestasi oleh Kopertis Wilayah II beberapa waktu lalu.

Kepala Biro Pembinaan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (PP-SDM), Drs. Nur Wiyoto, M.Si., menyatakan bahwa sebelumnya UBL juga telah menyelenggarakan penyeleksian Dosen Berprestasi bagi seluruh Dosen dari 6 Fakultas di UBL dan Dosen terpilih diikutsertakan dalam penyeleksian Dosen Berprestasi di Kopertis Wilayah II.

Proses penyeleksian diantaranya presentasi prestasi dalam pendidikan, prestasi dalam penelitian dan karya ilmiah, prestasi dalam pengabdian di masyarakat serta dilakukannya tahapan-tahapan uji kelayakan dan hasilnya dinilai secara objektif oleh 12 tim penilai yang terintegratif dari 12 program studi.

“Kriteria utama dalam pemilihan dosen berprestasi yakni kemampuan dan keunggulan dosen dalam menjalankan Tri Darma Pergururan Tinggi dan dalam seleksi yang diselenggarakan UBL tersebut, Bu Lilies memiliki keunggulan dalam bidang penelitian dan penulisan jurnal ilmiah baik nasional maupun internasional sehingga dirinya terpilih sebagai Dosen yang berhak mengikuti penyeleksian Dosen Berprestasi di Kopertis Wilayah II dan dinobatkan sebagai Dosen Terbaik dalam ajang tersebut,” terang Nur.

Sementara itu, Lilies menyatakan bahwa keberhasilannya dinobatkan sebagai Dosen Berprestasi se-Kopertis Wilayah II ini tidak terlepas dari dukungan moril dan materil yang diberikan oleh UBL. Dirinya mengaku bangga atas prestasi yang diraihnya dan berharap prestasi ini dapat menjadi motivasi bagi seluruh Sivitas Akademika UBL khususnya Dosen yang lain.

“Proses penyeleksian dosen berprestasi ini dilakukan oleh Kopertis Wilayah II dengan menilai karya ilmiah yang merupakan hasil dari pelaksanaan Tri Darma Perguruan Tinggi,” imbuhnya.

Selain akan terus mengikuti berbagai penyeleksian dosen berprestasi, Lilies juga menambahkan bahwa setelah terpilih sebagai dosen terbaik se-Kopertis Wilayah II ini, dirinya akan diikutsertakan dalam seleksi dosen berprestasi tingkat nasional mewakili Kopertis Wilayah II untuk bersaing dengan seluruh dosen dari perguruan tinggi seluruh Indonesia baik PTN maupun PTS dan penilaian langsung dilakukan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Dikti).

Selanjutnya, Nur juga menyatakan bahwa UBL melalui Biro PP-SDM ini, selalu berupaya memotivasi Sivitas Akademika terutama Dosen untuk terus meningkatkan prestasinya mulai dari peningkatan jenjang pendidikan hingga penerbitan karya ilmiah dan jurnal Ilmiah baik nasional dan internasional berdasarkan penelitian dan pengabdian pada masyarakat.

“Hal ini bertujuan untuk meningkatkan  motivasi  secara  berkelanjutan  di  kalangan  sivitas akademika  untuk  “bekerja  lebih  keras  dan  lebih  cerdas”  dalam  melaksanakan  tridarma  perguruan  tinggi  dan  meningkatkan produktivitas perguruan tinggi serta untuk memberikan pengakuan kepada dosen  yang  secara  nyata  dan  luar  biasa  melakukan  kegiatan  tridarma perguruan tinggi yang hasilnya dapat dibanggakan dan sangat bermanfaat bagi kemajuan peningkatan kualitas akademik dan kelembagaan agar dapat menumbuhkan kebanggaan di kalangan dosen terhadap profesinya,” terang Nur sebelum mengakhiri pembicaraan.