Dikti Salurkan Beasiswa Bidikmisi Melalui UBL

Universitas Bandar Lampung (UBL) sebagai universitas swasta terbesar di Lampung yang berpengalaman di dunia pendidikan sejak tahun 1984 dipercaya Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Dikti) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Kopertis Wilayah II, Palembang sebagai universitas yang masuk urutan teratas untuk jumlah kuota bidikmisi Perguruan Tinggi Swasta (PTS) tahun 2012.

Wakil Rektor III UBL Bidang Kemahasiswaan, Drs. Thontowie Dauli, MS., menuturkan bahwa beasiswa bidikmisi ini sangat membantu meringankan biaya operasional pendidikan khususnya bagi mahasiswa yang kurang mampu secara ekonomi namun memiliki potensi akademik yang memadai.

“Di Indonesia khususnya di Lampung, terdapat banyak siswa/I lulusan Sekolah Menengah Atas (SMA) yang memiliki potensi akademik dan motivasi yang tinggi untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi, namun mereka terkendala masalah ekonomi khususnya biaya operasional pendidikan. Beasiswa bidikmisi dari Dikti ini tentunya menjadi salah satu solusi yang membantu meringankan mereka,”

Senada, Kepala Biro Pembinaan Kemahasiswaan dan Hubungan Alumni (BPKHA) UBL, Dra. Yulfriwini, M.T., juga menyatakan beasiswa bidikmisi dari Pemerintah yang berupa bantuan biaya pendidikan dan biaya hidup ini sangat membantu meringankan biaya yang harus ditanggung mahasiswa selama perkuliahan berlangsung. Diharapkan nantinya mahasiswa  penerima beasiswa bidikmisi ini dapat  berprestasi  serta  menyelesaikan  studinya  dengan  lancar dan  tepat  waktu,  yang  akhirnya  dapat  ikut  andil  dalam  meneruskan perjuangan bangsa, memutus mata rantai kemiskinan.

“Penerima beasiswa bidikmisi ini merupakan bagian dari harapan keluarga pada masa depan sehingga melalui beasiswa bidikmisi ini, mereka dapat menjadi pionir masa depan keluarga dan pendidikan yang mereka tempuh menjadi sarana mobilitas menuju perbaikan ekonomi keluarga,” terang Yulfriwini.

Sementara itu, beberapa mahasiswa UBL penerima beasiswa bidikmisi diantaranya Nurul Hidayat Mahasiswa Program Studi Teknik sipil dan Veni Oca Wulandari, Mahasiswa Program Studi Ekonomi Manajemen mengungkapkan UBL menghimbau kepada seluruh mahasiswa penerima beasiswa bidikmisi agar memanfaatkan dana bantuan tersebut khusus untuk kebutuhan penunjang pendidikan seperti biaya hidup dan kost, laptop, dan buku.

“UBL memberikan kesempatan yang besar bagi mahasiswa yang kurang mampu untuk bisa melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi melalui beasiswa bidikmisi dari Dikti ini. Diharapkan jumlah kuota beasiswa bidikmisi ini bisa semakin banyak sehingga mahasiswa yang berasal dari keluarga yang kurang mampu dapat melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi,” ujar Nurul, mahasiswa UBL semester 2 yang berasal dari SMK Negeri 1 Ketapang, Lampung Selatan.

Sedangkan Veni, mahasiswa semester 2 yang berasal dari SMA Negeri 14 Bandar Lampung mengatakan beasiswa bidikmisi ini selain membantu meringankan biaya pendidikan, beasiswa ini juga sebagai motivasi bagi mahasiswa penerima beasiswa untuk terus meningkatkan prestasinya baik prestasi akademik maupun non-akademik.