Dies Natalis UBL Ke-42 Tingkatkan Wawasan Berpikir Ilmiah

Tanggal 9 Juli merupakan hari bersejarah bagi Universitas swasta terbesar di Lampung, Universitas Bandar Lampung (UBL), pasalnya pada tanggal tersebut UBL memasuki usia ke-42 tahun. Usia tersebut merupakan usia yang tidak muda lagi dan boleh dikatakan memasuki usia yang matang.

Dalam perjalanan 42 tahun sesuai dengan Visi dan Misi UBL, telah banyak kiprah UBL, baik dalam lingkup lokal, regional, maupun internasional, khususnya dalam pengembangan dunia pendidikan. UBL sebagai institusi pendidikan terus menerus berusaha untuk selalu meningkatkan kualitas, mulai dari sarana prasarana pendidikan, Sumber Daya Manusia (SDM) baik dosen maupun karyawan yang dapat menciptakan lulusan-lulusan terbaik yang dapat diterima dan mengabdi pada masyarakat.

Dalam usianya kini, UBL juga telah berhasil meluluskan ribuan alumni berkualitas yang telah tersebar hingga ke mancanegara. Atas keberhasilan tersebut, UBL menghelat kegiatan Dies Natalis Universitas Bandar Lampung yang ke-42 tahun.

Rektor UBL, Dr. Ir. M. Yusuf S. Barusman M.B.A., mengungkapkan kegiatan Dies Natalis UBL yang ke-42 tahun ini merupakan moment untuk merefleksi keberadaan UBL dikancah perguruan tinggi serta membangkitkan semangat kelembagaan untuk pembangunan.

“Dalam usia yang matang ini, diharapkan, UBL memiliki wawasan berpikir yang lebih luas dan dapat eksis tidak hanya di tingkat nasional, namun juga di tingkat internasional. Hal ini dibuktikan UBL dengan meresmikan kerjasama dengan berbagai Universitas ternama di luar negeri, diantaranya Internasional Islamic University Malaysia (IIUM), Maastrich University Netherlands, Utrecht University Netherlands, Kitakyushu University Japan, Thammasat University Thailand, Sripathum University Thailand, serta mengadakan berbagai Seminar Internasional,” ungkap Rektor UBL

Rektor UBL menambahkan kegiatan Dies Natalis UBL yang Ke-42 tahun ini rencananya akan melibatkan Sivitas Akademika UBL, para Alumni serta masyarakat sekitar UBL.

Wakil Rektor UBL Bidang Akademik, Prof. Dr. Khomsahrial Romli, M.Si., sekaligus Ketua Panitia Dies Natalis UBL yang ke-42 tahun mengungkapkan, kegiatan Dies Natalis ini secara resmi akan dimulai pada Senin (26/5) dengan beragam kegiatan diantaranya, Lomba Proposal Penelitian Dosen, Lomba Proposal Pengabdian Dosen, Donor Darah dan Nyeruit Jejama, Bazaar Buku, Komputer, Usaha Kecil dan Menengah (UMKM), Kewirausahaan Mahasiswa serta Coaching Clinic.

Selanjutnya, Lomba Futsal antar Fakultas dan Biro UBL, Lomba Menyanyi Mahasiswa, Dosen, dan Karyawan UBL, Lomba Rally Foto untuk Umum, Lomba Pidato Bahasa Inggris Mahasiswa dan Bedah Skripsi Mahasiswa, Seminar Regional, Cross Country Bike MTB, Jalan Sehat, Kegiatan Bakti Sosial serta Lomba Karya Tulis Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) dan Inovasi.

Puncak dari kegiatan Dies natalis UBL Ke-42 ini rencananya akan diselenggarakan upacara Dies Natalis dan Orasi Ilmiah pada 10 Juli 2014.