Cara Memotivasi Diri Agar Mahasiswa Semangat Kuliah

[UBL] : Bandar Lampung – Terkadang semangat belajar dapat naik turun seiring suasana hati dan kondisi lingkungan. Apalagi masa kuliah yang terhitung lebih panjang dibanding saat SMA dengan bobot materi yang lebih berat. Belum lagi permasalahan pribadi atau keluarga yang dapat turut mempengaruhi semangat belajar kamu.

Motivasi diri dan semangat kuliah harus ditanamkan oleh setiap mahasiswa dalam menuntut ilmu. Memang, pasti akan terdapat sebuah fase dimana kamu merasa jenuh dengan rutinitas, termasuk juga dengan dunia perkuliahan.

Sebenarnya semua itu adalah hal yang wajar terjadi pada siapapun, namun kamu harus tetap berkomitmen untuk menjalani perkuliahan dengan baik dan lancar. Kamu harus menjaga motivasi agar tetap tinggi. Kalaupun sedang menurun, tidak lama Anda akan dapat cepat menaikannya kembali.

Bentuk mindset dalam dirimu bahwa kuliah dan belajar itu menyenangkan. Meskipun dalam pelaksanaannya memang tidak selalu mudah, tapi yakinkan bahwa dirimu mampu melewati semua rintangan yang ada di depan mata. Yuk, simak berikut ini beberapa motivasi diri untuk mahasiswa agar tetap semangat kuliah.

 

  1. Coba Ingat Kembali Tujuan Kamu Kuliah

Berkuliah memang bukanlah pekerjaan yang mudah. Pasti banyak kesulitan dan hambatan yang akan ditemui. Tak jarang hambatan ini yang membuatmu ingin berhenti. Ibarat kata orang “sudah gagal sebelum berperang”. Jika sudah seperti ini, maka kamu harus mengingat kembali tujuan awal kamu berkuliah. Mungkin pernyataan ini terdengar sangat biasa untukmu. Tapi ini merupakan cara yang ampuh. Dengan mengingat-ingat kembali tujuan awal kuliah, maka semangat dan motivasi diri akan meningkat.

Coba ingat lagi bagaimana perjuanganmu dulu untuk bisa sampai sekarang. Tentu kamu tidak ingin bukan, jika usaha dan perjuanganmu selama ini tidak membuahkan hasil sama sekali dan terkesan sia-sia? Karena setiap orang pasti memiliki impian mereka sendiri-sendiri. Dan kuliah ini mungkin adalah salah satu jalan yang kamu tempuh untuk meraih mimpi. Oleh karena itu kamu harus tetap semangat kuliah ya!

 

  1. Ingat Kedua Orang Tua
    40 Kata Mutiara untuk Kedua Orangtua yang Menyentuh Hati - Hot Liputan6.com

Apabila kamu sering merasa jenuh dengan kuliah, malas mengerjakan segala tugas, dan rasanya hanya ingin berhenti saja. Cobalah motivasi diri dengan mengingat kembali dan bayangkan kedua orang tuamu. Bukan ingin membandingkan siapa yang kondisi nya lebih susah, tapi ingat jika mereka juga sama berjuangnya denganmu. Terlebih jika orang tuamu masih menanggung semua biaya pendidikan mu. Maka ingatlah bahwa kedua orang tuamu juga pasti berperan besar dalam kesuksesanmu nantinya. Kedua orang tuamu juga mungkin menaruh harapan terhadapmu. Jangan sampai mengecewakan kepercayaan orang tua yang sudah mereka diberikan terhadapmu.

 

  1. Berikan Self RewardSebagai Sebuah Bentuk Penghargaan kepada Diri Sendiri
    Self-reward untuk Diri Sendiri | kumparan.com

Apakah kamu pernah memberikan dirimu sendiri penghargaan setelah berhasil melewati sesuatu yang berat? Jika belum pernah, maka kamu harus memberikan dirimu penghargaan mulai dari sekarang. Penghargaan itu dapat berupa me time dengan pergi ke bioskop, membeli makanan yang enak, membeli sesuatu yang disukai, pergi jalan-jalan, dan lain sebagainya. Mungkin self reward terdengar sangat sepele dan tidak begitu penting. Padahal memberikan self reward ke diri sendiri sangat penting karena dapat semakin memotivasi diri. Terutama untuk kamu yang ada di fase jenuh.

  • Manfaat dari memberikan penghargaan kepada diri sendiri antara lain:
  • Sebagai penghargaan bahwa kamu mencintai dirimu sendiri
  • Kamu berhak bersenang-senang karena telah berhasil melewati sesuatu yang berat. Ini membuktikan bahwa kamu hebat!
  • Untuk memberikan motivasi agar dirimu sendiri improve menjadi pribadi yang lebih baik lagi.
  • Memberikan self rewardjuga akan membantumu melepaskan rasa penat dan stress loh

Banyak sekali bukan manfaat yang bisa kamu dapatkan dengan memberikan dirimu self reward, mulai sekarang yuk berikan penghargaan dan reward kepada diri sendiri untuk meningkatkan motivasi diri agar lebih semangat menjalani hari-hari.

 

  1. Banyak Membaca Mengenai Dunia Kerja dan Dunia Usaha

Banyak membaca mengenai dunia kerja dan dunia usaha akan membuka wawasan. kamu akan mendapatkan begitu banyak hal-hal yang menarik minat kamu. Ini membuat kamu ingin segera lulus tepat waktu. Selain lulus dengan cepat juga tentunya ingin segera menerjuni salah satu dunia usaha tersebut.

 

  1. Jangan Suka Menunda Pekerjaan
    Kosa Kata Bahasa Inggris yang Sering Digunakan dalam Dunia Kerja

Untuk motivasi diri selanjutnya hindarilah kebiasaan suka menunda-nunda pekerjaan. Karena jika kamu suka menunda pekerjaan, maka malah akan membuat pekerjaan lain semakin menumpuk. Jika sudah seperti itu, pasti produktivitas akan ikut terhambat. Dan akan membuat pekerjaan lain terbengkalai hingga kamu bingung mau mengerjakan tugas yang mana dahulu. Sebisa mungkin kamu harus menghindari kebiasaan tidak baik seperti ini.

Jika memang kamu merasa sangat penat untuk membagi pikiran antara tugas dengan kesibukanmu yang lain, maka kamu bisa melakukan refreshing. Kamu bisa melupakan tugasmu sejenak dan melakukan refreshing. Tapi ingat, tujuan refreshing disini adalah untuk menyegarkan pikiran dari rutinitas sehari-hari ya jangan sampai terlalu senang refreshing dan melupakan tanggung jawab awalmu. Ingat bahwa semua hal harus seimbang agar tercapai hasil yang optimal.

 

  1. Bentuk Kelompok Belajar
    Ingin Tahu Tips Membuat Diskusi Menjadi Aktif?

Belajar bersama akan terasa menyenangkan. Terkadang kamu harus memiliki kelompok belajar bersama untuk menciptakan suasana berbeda yang dapat menjaga semangat belajar kamu. Usahakan agar kamu memiliki beberapa kelompok belajar yang anggotanya terdiri dari teman kuliah yang berbeda-beda.

Hal ini akan sangat bermanfaat untuk memberikan beragam suasana berbeda. Manfaat lainnya adalah agar kamu mendapatkan beragam informasi dan wawasan serta pengetahuan yang beragam dari teman-teman kelompok belajar kamu.

 

  1. Temukan Metode Belajarmu Sendiri

Kenyamanan dalam belajar merupakan hal yang paling utama. Ciptakan lingkungan yang nyaman untuk belajar, baik di rumah maupun di lingkungan kampus. Temukan metode belajar yang cocok dan efektif untuk dirimu sendiri. Misalkan dengan menciptakan lingkungan yang kondusif, mendekorasi kamar agar kamu lebih betah untuk berlama-lama belajar, membuat jurnal untuk mencatat to-do-list atau agenda sehari-hari, dan lain sebagainya. Lingkungan yang nyaman dan kondusif akan membuat motivasi dirimu untuk membuatmu semakin semangat belajar secara efektif.

 

  1. Selalu Sediakan Waktu Untuk Jeda atau Istirahat

Otak dan badan kamu bukanlah mesin. Bagaimanapun tingginya semangat belajar kamu, selalu sediakan waktu untuk beristirahat barang sejenak. Melalui istirahat maka kamu dapat lebih merilekskan tubuh dan pikiran kamu.

Kamu dapat kembali berpikir dan belajar dengan lebih fresh setelah mengambil jeda. Istirahat tidak harus dengan cara tidur atau menghabiskan waktu di tempat tidur kamu saja. Berjalan-jalan sejenak atau sekedar makan makanan favorit kamu di luar rumah sudah cukup untuk menyegarkan diri kamu kembali.

 

Penutup

Hal yang harus kamu ingat dalam menjaga motivasi belajar adalah bahwa sebagian besar dorongan itu berasal dari diri kamu dan bukan dari orang lain di sekitar kamu. Artinya adalah apapun yang terjadi adalah murni menjadi tanggung jawab kamu sepenuhnya.

Selalu miliki keyakinan pada diri sendiri, jangan gantungkan kesuksesan pada orang lain. Demikian pula dengan sebaliknya, jangan timpakan kegagalan kamu pada orang lain.  Selalu yakin pada diri kamu. Semangat!