Big Data dan Dunia pendidikan

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

Era revolusi industri 4.0 membawa perubahan yang sangat besar bagi pola kehidupan yang saat ini sedang berjalan, berbagai macam teknologi dihasilkan yang mampu memberikan solusi bagi berbagai masalah yang selama ini tidak dapat ditangani oleh teknologi sebelumnya.

Perkembangan keilmuan dan infrastruktur teknologi informasi juga berpengaruh pada kecepatan, ketepatan, volume dari data. Data merupakan komponen yang sangat penting sejak munculnya revolusi industri ketiga di mana komputerisasi dan Robotika sudah menjadi bagian dari kegiatan sehari-hari. Baik kegiatan manufakturing, bisnis, perdagangan dan pendidikan.

Salah satu yang menjadi poin utama dari revolusi industri yang saat ini terjadi adalah pengembangan data yang luar biasa. Perubahan tersebut menjadi salah satu teknologi yang disebut dengan big data. Tanpa kita Sadari setiap harinya kita memberikan kontribusi data yang sangat besar bagi dunia ini, mulai dari bangun tidur, dalam perjalanan, maupun ketika kita sudah terlelap data tersebut tetap terkirim dan dimanfaatkan oleh berbagai macam keperluan. Fasilitas yang dapat kita akses dengan menggunakan big data seperti layanan Google, sosial media dan lain sebagainya.

Salah satu yang dapat dimanfaatkan adalah di bidang pendidikan, dengan big data kita dapat melihat perilaku peserta didik, tren pendidikan yang saat ini sedang berjalan, ataupun proyeksi pendidikan ke depan. Universitas Bandar Lampung yang memiliki lebih dari 5000 mahasiswa aktif tak luput dari bayang bayang aktivitas data yang begitu besar, mulai dari absensi, pembelajaran, proses bisnis lainnya yang melibatkan data yang cukup besar setiap harinya.

Hari ini menjadi salah satu tantangan bagi universitas Bandar Lampung serta dosen maupun peneliti yang ada di dalamnya untuk dapat memanfaatkan data universitas yang dimiliki untuk meningkatkan layanan serta kualitas yang dimiliki universitas Bandar Lampung untuk kemajuan mahasiswa. (cs)