Bandar Lampung— Dua Dosen Universitas Bandar Lampung (UBL) kembali harus meninggalkan Indonesia melanjutkan studi program Doktor (S3) di luar negeri. Rektor UBL, M. Yusuf S. Barusman melepas Dadang Hartabela dosen Program Studi (Prodi) Arsitektur melanjutkan studi jurusan Arsitektur di Faculty of Environmental Engineering di University of Kitakyushu Jepang melalui program beasiswa MEXT (Monbukagakusho) U to U dan Tri Damayanti, dosen Prodi Akuntansi yang mendapatkan beasiswa melalui program Turkiye Burslari (YTB) untuk jurusan Akuntansi di Kirikkale University, Turki, Senin 24/9/19 di ruang kerjanya.

“Selamat bertugas, studi lanjut S3 ke Jepang dan Turki untuk dua dosen UBL. Selesai tepat waktu dan kembali ke UBL untuk mengaplikasikan ilmu dan pengalaman yang di dapat selama di luar negeri. UBL terus mendorong dan memfasilitasi seluas luasnya bagi pengembangan karir dan pendidikan dosen di UBL sampai ke luar negeri sebagai wujud komitmen kami terhadap kualitas pendidikan,” ungkap Rektor UBL, M. Yusuf S. Barusman.

“Alhamduillah saya bersukur atas kesempatan studi lanjut ke Jepang ini dan menikmati setiap tahapannya sampai pada seleksi terakhir oleh Komite Beasiswa MEXT di Jepang, saya dinyatakan lolos,” ujar Dadang saat di wawancarai usai pelepasan. Beasiswa Monbukagakusho adalah beasiswa yang ditawarkan melalui Kementerian Pendidikan, Budaya, Olahraga, Ilmu Pengetahuan dan Teknologi yang dapat dilamar melalui Kedutaan Besar Jepang di Indonesia. “Sebelum mendaftar beasiswa ini saya sudah mencoba beberapa program beasiswa di Rusia, India, Thailand, BPPLN ke Australia, dan terakhir saya juga lolos beasiswa di Turki melalui program Turkiye Burslari (YTB). Namun setelah melakukan pertimbangan bersama keluarga, akhirnya saya memutuskan memilih Jepang untuk kelanjutan studi saya,” tambah Dadang.

Sementara itu, Tri Damayanti yang melanjutkan studi S3 ke Turki menjelaskan dirinya mendapatkan beasiswa melalui program Turkiye Burslari (YTB) untuk jurusan Akuntansi di Kirikkale University. Program beasiswa ini menanggung biaya kuliah, biaya hidup, asuransi kesehatan, dan tiket pulang pergi. “Alasan saya memilih kuliah di luar negeri selain di lihat dari kualitas pendidikannya, saya juga bisa mempelajari dan melihat bagaimana perilaku masyarakat di negara maju terutama secara ekonominya sesuai dengan jurusan yang saya ambil,” tambah Tri.

Ketika ditanya mengenai karir setelah lulus S3, mereka dengan teguh mengatakan akan kembali ke kampus UBL dan mengaplikasikan ilmu yang didapatkan untuk kemajuan pendidikan di Indonesia, terutama Provinsi Lampung.

Share this: