fbpx

Tiga Prodi FT Torehkan Berbagai Prestasi Yang Langsung Diapresiasi Rektor UBL

Warta UBL – Sebagai wujud pengimplementasian tridarma perguruan tinggi, Fakultas Teknik Universitas Bandar Lampung (FT UBL) dengan ketiga program studi (prodi)nya yakni Teknik Sipil (TS),Teknik Mesin (TM) dan Teknik Arsitektur (TA) berhasil menorehkan berbagai prestasi baik akademik-non akademik yang langsung diapresiasi Rektor UBL, Dr. Ir. M. Yusuf. S. Barusman, M.B.A.

Manager Biro Marketing, Humas, dan Kerjasama (BMHK) UBL, Ir. Indriati Agustina Gultom, M.M membenarkan adanya berbagai langkah prestasi itu terlihat pada pengaplikasikan terlaksananya lima jenis pencapaian membanggakan dan mengangkat dampak pencitraan positif kampus terbesar di Lampung dengan slogan,”solution for present and future” ini.

“Seperti peresmian Technopark UBL, pemberian apresiasi rektor kepada Mahruf Arifin mahasiswa Prodi Arsitektur sebagai pemenang sayembara desain Technopark UBL. Dilanjutkan pemberian apresiasi rektor kepada mahasiswa prodi teknik sipil UBL Prasetya Wibisono sebagai pemenang 1 Mekhanai Kota Bandar Lampung 2016. Termasuk, pengapresiasian rektor kepada mahasiswa prodi teknik mesin UBL, M. Fahrizky Amasta sebagai pemenang 1 Mekhanai Kabupaten Waykanan 2016,”paparnya.

Dalam kesempatan itu pula, wanita yang juga berposisi Kepala Pusat Pengembangan Inovasi dan Kewirausahaan (Ka.PPIK) UBL ini dalam kesempatan itu juga menyertakan pengapresiasian sekaligus sosialisasi Rektor UBL atas pelimpahan jabatan Dekan Fakultas Teknik (FT) UBL dari Dr. Ir. Hery Riyanto, MT kepada Dr.Eng.Fritz Akhmad Nuzir, ST, MA (LA).

“Semua kegiatan (pengapresiasian Rektor) itu dilakukan (serentak) ditaman Gazebo Technopark Gedung E, kampus A (S1) Drs.H.RM. Barusman, UBL, Jumat, 20 Mei lalu,”ucapnya diruang kerja, gedung A, komplek kampus Drs.H.RM. Barusman, UBL,Sabtu (21/5/2016).

Terkait peresmian Technopark UBL, Rektor UBL Dr.Ir. M. Yusuf. S. Barusman, M.B.A mengaku sangat bangga adanya taman ini berkat usaha ide membangun mahasiswa yang dikembangkan dilingkup FT. “Taman ini terbangun dari sikap membangun dan aktifnya para mahasiswa teknik yang ingin memiliki, dan bertanggungjawab mengelola taman yang bersih sebagai penunjang kegiatan kampus,”ujarnya dalam sambutan setelah peresmian.

Taman teknologi UBL ini diharapkan menjadi bakal aplikasi teknologi ramah lingkungan (green bio-technology), terutama dalam menjaga ekosistem alam dalam berbagai kreasi kegiatan.Termasuk Rektorat bersama Yayasan Administrasi Lampung (YAL) yang terus berupaya mengakomodir masukan seperti penambahan wi-fi dan aplikasi teknologi lain yang sudah masuk dalam rencana pengembangan technopark.

“Taman ini memungkinkan tidak hanya FT tapi fakultas dan prodi lain, bahkan bisa dengan mahasiswa (kampus) lain diseluruh dunia untuk saling berinteraksi terutama dalam menyelesaikan masalah akademik, inovasi teknologi, dan sebagainya. Saya bangga pula pada Mahruf Arifin (pemenang sayembara desain Technopark UBL)sebagai sosok prospektif berprestasi UBL,”ujarnya.

Tak hanya, itu Rektor mengaku mendapatkan informasi ditahun ini sudah banyak prestasi yang didapatkan sivitas akademika FT UBL. Terbaru, tim mahasiswa teknik sipil angkatan 2014 dibawah bimbingan Dosen Pembimbing Tim Teknik Sipil FT UBL,Dr. Any Nurhasanah, ST, MT masuk dalam jajaran 5 besar Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) untuk pertama kalinya turut serta di Civil In Action Competition (CIAC) V tahun 2016, Jurusan Teknik Sipil dan Lingkungan Universitas Gadjah Mada (JTSL UGM),Yogyakarta.

“Bahkan salah satu inisiatif ide yang teraplikasi dalam kajian karya Ahmad Irfan Al-Rasyid berjudul ‘peran kincir air sungai dalam inti mengatasi defisit listrik didaerah Lampung yang terdalam, terluar dan terpencil (3T)’menjadi terbaik dari seluruh (peserta CIAC) diseluruh FT Sipil se-Indonesia,”ujarnya bangga lagi.

Bahkan, FT UBL mendapatkan dua amunisi baru setelah dua dosennya kembali pulang setelah menempuh gelar doktor di universitas luar negeri. Seperti Ronny.H. Purba, ST, MSCE, Ph.D berhasil menempuh Doktor Ahli Struktur Bangunan Anti Gempa Internasional dari Buffalo State University of New York, Amerika Serikat. Satunya lagi, Doktor Environmental Engineering lulusan University of Kitakyushu, Jepang, Dr.Eng.Fritz Akhmad Nuzir, ST, MA (LA).

“Kedua sosok ini dengan pencapaian akademik hingga pengaplikasian lebih dari 4 jurnal internasional mendapatkan peringkat terbaik bahkan diadopsi di dunia. Hal ini turut mengantarkan (nama dan citra) UBL masuk level dunia,”ujarnya.

Tidak berhenti disitu,Yusuf Barusman juga mengapresiasi prestasi non akademik yang diraih mahasiswa prodi teknik sipil UBL Prasetya Wibisono sebagai pemenang 1 Mekhanai Kota Bandar Lampung 2016.Tak jauh beda prestasi UBL diajang Mekhanai juga dibarengi pencapaian mahasiswa prodi teknik mesin UBL, M. Fahrizky Amasta sebagai pemenang 1 Mekhanai Kabupaten Waykanan 2016.

“Luar biasa buat prestasi (non akademik) ini.Diharapkan dengan suport UBL, buat kedua Mekhanai ini dengan salah satu hadiahnya kenaikan beasiswa hingga 50 persen ini timbul motivasi lebih buat memacu keduanya berkompetisi sehat dan satu diantaranya bisa pulang menjadi pemenang 1 Mekhanai Provinsi Lampung, 2016 dan bakal diberikan beasiswa 100 persen,”imbuhnya.

Selain itu, Ketua Dewan Juri Perlombaan Uji Kuat Tekan Beton pada Carnaval Civil Engeneering 2016 dari Laboratorium Pengujian Teknik Sipil UBL Ronny.H. Purba, ST, MSCE, Ph.D juga memproklamirkan nama-nama para pemenang lomba Pembuatan, Pengujian dan presentasi kekuatan beton tingkat SMA sederajat se-Lampung yang diadakan FT UBL tersebut.

“Juara I diraih tim SMA Negeri 1 Katibung (Lampung Selatan) beranggotakan Rio Anando, Ila Sifilia, dan Fitriani Ulandari dengan poin 274, disusul tim SMA Negeri 1 Katibung lainnnya beranggotakan Rizki Fazri Nursandi, Bella Dewanti dan Anggi Pratiwi (269), diposisi ketiga diraih tim SMAN 2 Bandar Lampung beranggotakan Hutomo Damayen, M.Titan Nugroho dan Muhammad Nurrosidi (243). Mereka berhasil mengalahkan 12 tim (kontenstan) lain dan mendapat nilai maksimal dari 3 orang dewan juri,”ujarnya.

Secara terpisah,Prodi Teknik Arsitek UBL juga sukses menggelar Festival Arsitektur dan Desain (FAD) 2016.Bendahara Panitia FAD 2016,Indyah Kumoro K.Wardani, ST, MT (IAI) ini membeberkan dalam even yang juga disuport Rektor UBL itu didalamnya terdiri serangkaian kegiatan seperti Pameran di Mal Boemi Kedaton (MBK), 20-22 Mei ; Seminar Nasional di Pusiban Agung, 20 Mei ; Workshop tingkat nasional di Aula Gedung F, Kampus Drs.H.RM. Barusman, UBL ; talkshow di MBK 21 Mei ; ditutup pemutaran film arsitektur di parkiran Gedung C Kampus Drs.H.RM. Barusman, UBL, 21 Mei.

Ketua Pelaksana FAD 2016, Ir. Tjetjeng Sofjan Surjana, MM menambahkan FAD 2016 yang digagas prodinya bekerjasama Ikatan Arsitek Indonesia (IAI) Nasional dan IAI Daerah Lampung ini dalam rangka memasyarakatkan profesi arsitek dan desainer dimasyarakat umum melalui kegiatan bersifat partisipasif,bagi kaum profesional yang bisa dirasakan dikalangan umum dan keluarga.

“Hal itu juga untuk mensosialisasikan keberadaan FAD di Lampung yang menjadi bagian penting program IAI dan IAI Lampung dalam memasyarakatkan eksistensi arsitek maupun memasyarakatkan Undang-Undang Arsitek ke publik,”imbuh pria yang juga Kaprodi Teknik Arsitektur UBL ini.

Selain itu, Wakil Rektor I bidang Akademik UBL Dr. Ir. Hery Riyanto, MT juga membenarkan bakal ada pergantian pucuk pimpinan FT UBL dalam waktu dekat. Untuk itu, dia mengajak sivitas akademika di lingkungan FT UBL untuk mendukung visi, misi dan tujuan Dr.Eng.Fritz Akhmad Nuzir, ST, MA (LA) yang menggantikan posisinya tersebut.

Tags:

Related posts: