fbpx

HMIK Bangun Minat Wirausaha Mahasiswa Lewat Seminar Bersama Rektor UBL

Warta UBL – Semakin pentingnya pengembangan kewirausahaan (enterpreunership) dilingkungan kampus. Membuat Himpunan Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Bandar Lampung (HMIK UBL) membangun minat wirausaha mahasiswa lewat seminar bersama Rektor UBL, Dr. Ir. M.Yusuf. S. Barusman, M.B.A disesi terakhir kegiatan ‘8 years celebration Speightaculer Comment UBL 2016’.

Ketua HMIK Megiret Prani Candella menjelaskan seminar dengan topik ini akan membuat nilai-nilai dan aplikasi kewirausahaan yang baik dari Rektor UBL yang juga praktisi enterpreunership sukses di Lampung ini agar diteruskan para mahasiswa dalam kehidupan mereka.

“Penjelasan beliau menjadi penerapan ilmu dan pengalaman berharga. Itu dapat mengetahui fungsi dan bakat kita sebagai mahasiswan tidak hanya dituntut berprestasi akademik, tapi dapat menjadi wirausaha berhasil dimasa depan. Kami berharap dari seminar ini muncul para wirausahawan muda dari kampus kita (UBL),” sambutannya diseminar bertajuk ‘Enterpreunership dan Literasi Media” diaula gedung F, kampus Drs.H.RM. Barusman UBL,Senin (29/5/2016).

Mahasiswi Prodi Ilkom Fisip UBL angkatan 2013 ini menambahkan, seminar tersebut termasuk serangkaian kegiatan selama dua hari perayaan pertama kali 8 tahun berdirinya HMIK UBL (29-30 Mei). Sebelumnya sudah berlangsung kegiatan documentary short film, 3D Wall Magazine, Photography, Coverdance.“Setelah seminar dari Pak Rektor juga akan diselenggarakan literasi media dan kupas film dari KPID Provinsi Lampung,”ujarnya.

Dekan Fisip, Dr. Drs.H Yadi Lustiadi, M.Si mengapresiasi diadakannya seminar disela perayaan dies natalis Ilkom dan HMIK UBL diusaianya ke-8 tahun. Yadi, berharap dengan sharing dilakukan Rektor UBL sebagai pemateri ini, para mahasiswa Ilkom UBL bisa merengkuh sukses akademis, tapi juga eksis berkreasi diranah wirausaha sesuai moto Ilkom, “Berani Berkarya, Berani Bekerja”.

“Berkenan enterpreunership, langkah (seminar) ini akan mempercepat penginterpretasian visi misi dan tujuan kampus kita,‘Menjadi Perguruan Tinggi yang Berjiwa Kewirausahaan Kelas Dunia”. Kegiatan ini sangat relevan diselenggarakan agar para mahasiswa (UBL) memiliki nilai dan jiwa wirausaha yang langsung ditanamkan Pak Rektor,”paparnya.

Hasilnya, seminar tersebut sangat diantusiasi. Terlihat selain dihadiri 150 peserta dari para mahasiswa tiga Program Studi (prodi) FISIP UBL, para alumni Fisip, perwakilan mahasiswa Ilmu Komunikasi (Ilkom) perguruan tinggi se-Bandar Lampung hingga tamu undangan.

Selain Dekan Fisip, Dr.Drs.H Yadi Lustiadi, M.Si turut hadir Kaprodi Ilmu Administrasi Publik Drs. Suwandi, M.M ; Kaprodi Administrasi Negara Dr. Ida Farida, M.Si ; Kepala Biro Pembinaan Kemahasiswaan dan Hubungan Alumni (Ka.BPKHA) Dra. Yulfriwini, M.T ; Sekretaris Prodi Ilkom Noning Verawati, S.Sos, M.A ; Asisten Manager Biro Marketing, Humas dan Kerjasama (Asma.BMHK) Berry Salatar, S.Pd ; hingga dewan dosen Ilkom dan Fisip UBL.

Acara ini juga berlangsung meriah karena disponsori Garuda Food, El’s Coffe, TVS Motor, Pipit Colection’s (PC), Dell Video Shooting (DVS), Shabu Kitchen Onago (SKO), Entral Body & Paint, Siger Fundist (FS), UKM BS UBL, Radio Beoli FM, 92,5 Produa RRI, dan Sai Radio FM.

Dalam pemateriannya, Dr. Ir. M.Yusuf. S. Barusman, M.B.A mengaku sangat tersanjung HMIK mengadakan seminar tentang enterpreunership dikalangan mahasiswa. Terlebih, juga mengkaitkan literasi media yang dapat menjadi sumber bagi para mahasiswa belajar berwirausaha sukses dari riwayat, pengalaman dan jalan sukses para wirausahawan matang. Pasalnya, banyak wirausahawan sukses yang bangun dan berkembang diusia muda, produktif, dan saat menempuh pendidikan tinggi.

“Seperti didunia internasional, kebanyakan munculnya jiwa wirausaha dikalangan sivitas akademika. Hal itu memunculkan arah pandang UBL yang memberikan ‘patokan’ bagi para sivitas akademikanya. Tidak lagi menetaskan lulusan bagi pemenuhan dunia kerja. Tapi mampu memproduksi (pembuka) lapangan kerja sebagai pengusaha,” terangnya.

Buktinya, Yusuf Barusman mencontohkan para mahasiswa UBL bisa mempelajari hal sukses dari para enterpreuner matang dan menjadikan orang dengan kekayaan terkaya didunia seperti Mark Elliot Zuckerberg (pendiri dan pemilik Facebook) ; William Henry “Bill” Gates III (CEO dan Ketua Microsoft), maupun Warren Edward Buffett (pemegang saham terbesar Berkshire Hathaway).

“Menjadi mereka, hanya bermodal membaca buku atau berbagai literatur media tentang kesuksesan mereka. Para mahasiswa kita dapat mempelajari kebiasaan, gaya hidup, dan strategi marketing hingga manajerial kewirausahaan sukses mereka. Jika para mahasiswa melakukan itu akan membuka pandangan munculnya ide, inovasi, kreativitas, disertai semangat, energi merubah diri, stamina, kepemimpinan,dan personalisasi matang yang dapat dirasakan aplikatifnya,”tukasnya. (Rilis BMHK UBL/Insan Ares/ Foto Dharma Saputra, S.H)

Tags:

Related posts: