fbpx

UBL Intensifkan Pemberian Beasiswa Prestasi Non Akademik

Di era modern seperti sekarang, jalur prestasi merupakan sebuah langkah awal untuk menaiki sebuah anak tangga mobilitas sosial. Anak tangga mobilitas sosial ini dapat diraih di sebuah lembaga pendidikan melalui sebuah program beasiswa. Salah satu Universitas swasta terbesar di Provinsi Lampung, Universitas Bandar Lampung (UBL) selalu mengintensifkan pemberian beasiswa kepada calon mahasiswa-mahasiswanya baik melalui jalur prestasi non akademik maupun prestasi akademik.

Terbaru pemberian beasiswa itu ditujukan kepada 30 atlet basket berprestasi nasional yang berasal dari lulusan SMA Sederajat di Provinsi Lampung dan daerah lain yang tergabung dalam dream team basketball UBL.

Wakil Manajer Biro Marketing, Humas dan Kerjasama (BMHK) UBL Berry Salatar, S.Pd, menegaskan pemberian beasiswa, sekaligus kesempatan kuliah di kampus ini, tidak hanya berlaku bagi siswa cabang olahraga tetapi juga prestasi dibidang keagamaan, seni budaya, forum diskusi pelajar, pers sekolah, hingga organisasi internal dan eksternal pelajar. “Sejauh ini yang sudah mendaftar dan disetujui pihak kampus baru 2 orang dari kalangan atlet tetapi kesempatan ini, terbuka lebar bagi seluruh elemen siswa SMA sederajat yang berprestasi ditingkat provinsi, nasional, hingga internasional,” Ujarnya, Jumat (5-8).

Berry melanjutkan adanya beasiswa penuh dari Yayasan Administrasi Lampung (YAL) itu selain bentuk apresiasi pencapaian prestasi bersumber dari bakat, talenta, skill maupun inteligensia tiap personal istimewa tersebut tetapi juga sebagai upaya kaderisasi dan regenerasi UBL dalam membentuk generasi unggul para insan perguruan tinggi ditingkat provinsi hingga nasional. “Langkah itu akan dilakukan stimultan melalui langkah itu bisa dimulai dari keikutsertaan mereka di Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang kita punya. Harapan kita nantinya bisa menarik bibit lain seperti mereka yang muaranya mereka bisa diikutkan diberbagai kegiatan nasional,” Paparnya.

Selain itu, Berry menambahkan langkah UBL yang memiliki 6 fakultas dan 12 program studi S1 hingga 4 program studi program pascasarjana dalam mempertahankan kualitas dan kuantitas ditengah pangsa persaingan antar perguruan tinggi ini terlihat dari pemenuhan sarana prasarana hingga pemenuhan sumber daya manusia (sdm) yang kredibel, berkapasitas dan berkapabilitas. “Fasilitas kami lengkap, disertai kondisi suasana kampus yang aman dan nyaman. Dari sisi SDM kampus, Alhamdulillah rata-rata dosen sudah bergelar Doktor. Diikuti penambahan jumlah mahasiswa baru yang terus ditingkatkan sehingga diharapkan akan menjadi keunggulan kami dalam memenangkan persaingan perguruan tinggi saat ini di Lampung hingga nasional,”katanya.

Sementara itu, Rektor UBL Dr. Ir. M. Yusuf. S. Barusman, M.B.A., menegaskan pemberian beasiswa jalur prestasi non akademik yang stimultan termasuk poin penilaian UBL sebagai kampus 143 terbaik nasional dari 3300 perguruan tinggi negeri (PTN) dan swasta (PTS) se-Indonesia versi survei Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) yang baru dirilis tahun ini.

“Penilaian ini valid dan shahih karena dilakukan lembaga negara naungan perguruan tinggi itu sendiri. Kegemilangan UBL ini juga tercatat sebagai wujud komitmen peningkatan kualitas lembaga kami yang terbukti dari hasil kerja keras dan mendapatkan penilaian yang cukup baik dengan prestasi ditingkat nasional ini,” Tuturnya. (Rep. BMHK/Ed. AX)

Tags:

Related posts: