fbpx

UBL Jalankan KBM IT Berbasis Teleconference

Perkembangan dunia teknologi informasi dan komunikasi di era modern seperti sekarang telah berhasil mensinergikan diri dengan dunia pendidikan. Dunia pendidikan yang identik dengan proses pengajaran dan pembelajaran telah bertransformasi dengan mengaplikasi model pendidikan modern berafiliasi Go- International. Universitas Bandar Lampung (UBL) juga telah memberlakukan metode kegiatan belajar mengajar berbasis Information Technology (KBM IT) Teleconference antara dosen dengan mahasiswa di jenjang program Strata 1 dan program Strata 2.

Wakil Manajer Biro Marketing, Humas dan Kerjasama (BMHK) UBL, Berry Salatar, S.Pd., mengatakan bahwa adanya program teleconference ini sebagai bentuk peningkatan kualitas internal di Kampus UBL. Karena sistem pembelajaran di UBL juga mengakomodir keberadaan dosen pengajar dari luar Provinsi Lampung hingga luar negeri yang terdominasi dalam bentuk seminar ataupun kuliah umum.“Sistem belajar ini mengakomodir dosen tamu dari berbagai wilayah. Pengakomodiran ini jauh lebih efektif dan efesien terutama dari segi interaksi, diskusi serta berbagai macam antar keduanya,” Ujarnya.

Bery menambahkan sejauh ini operator program tersebut masih difasilitator oleh dua dosen dari Fakultas Teknik UBL, yakni Dr.Eng. Fritz Akhmad Nutzir, MA., dan Ronny Hasudungan Purba, MSCE., Ph.D. “Bentuk teknisnya, selain teleconference, dosen membuat modul mengajar soft copy dan di share dari email atau bisa dikirim ke staf kampus dan di save di PC komputer dikelas. Jadi, para mahasiswa bisa save di flashdisk dan materinya di share dilaptop masing-masing,” Imbuhnya.

Disamping itu, UBL membiasakan para mahasiswa program Strata 1 dan Strata 2 untuk membuka pusat informasi di website Kampus UBL (www.ubl.ac.id) dan Sharing berbagai informasi baik akademik maupun non akademik di akun facebook, twitter, instagram dan nomor hotline Kampus UBL.

Selain keunggulan dari IT KBM Teleconference, ruang belajar juga di setting senyaman mungkin. Tak lupa disertai kelengkapan sarana prasarana penunjangnya seperti penyediaan air conditioners, LCD projector, dan wireless fidelity (Wi-Fi) yang luas hingga penyediaan laboratorium dan studio disetiap fakultas dan program studi.

Rektor UBL Dr. Ir. M. Yusuf. S. Barusman, M.B.A., mengatakan bahwa adanya KBM IT Teleconference UBL ini bertujuan untuk tidak hanya aplikasi belajar-mengajar tetapi juga berbagai pengalaman studi Strata 2 dan Strata 3 dari para dosen kepada para mahasiswanya. Yusuf Barusman menambahkan teleconference dapat memotivasi para dosen dan mahasiswa untuk terus melanjutkan studinya hingga tingkat paling tinggi di dalam maupun luar negeri. “Pendidikan tinggi sangat penting demi meningkatkan kualitas diri. Namun, banyak kendala yang ditemui dalam proses itu, salah satunya biaya. Untuk itu, UBL menyelenggarakan teleconference untuk berbagi informasi dan pengalaman buat mendapatkan beasiswa sebagai solusi atas berbagai kendala yang dialami pelamar beasiswa untuk studi lanjut diluar negeri,” Pungkas Yusuf. (Rep. BMHK/Ed. AX)

Tags:

Related posts: