fbpx

Rektor UBL Harapkan Melalui PPK, Maba UBL Aktif Dikegiatan Kampus

Program Pengenalan Kampus Universitas Bandar Lampung (PPK UBL) yang akan dilangsungkan pada Sabtu (3-9) hingga Minggu (4-9) mendatang merupakan ajang pengenalan dunia kampus kepada mahasiswa baru (maba) baik mahasiswa reguler maupun mahasiswa beasiswa. Selain itu, kegiatan ini merupakan sebuah awal untuk ikut berperan aktif di kegiatan internal dan eksternal.

Rektor UBL Dr. Ir. M. Yusuf. S. Barusman, M.B.A., menerangkan fungsi keberadaan kampusnya akan dieksplorasi secara jelas melalui PPK sehingga harus dimanfaatkan bagi para maba UBL sebagai modal menggapai masa depan terutama mengeksperesikan diri melalui berbagai kegiatan kampus.

“Kita harapkan maba itu aktif semua. Tidak sekadar jadi mahasiswa kupu-kupu (kuliah-pulang kuliah-pulang). Keaktifan itu bisa melalui eksplorasi gerak, bicara, hingga tulisan. Kampus harus menjadi media bagi maba dalam mengekspresikan diri. Peran itu hingga kini tetap dipertahankan di UBL,” Ungkapnya.

Yusuf Barusman berharap tiap maba UBL dapat berperan aktif dimuka umum, terutama dalam menyampaikan pesan dan kesan positif dalam berbagai kegiatan baik sifatnya merupakan kegiatan yang diadakan kampus maupun hasil eksplorasi sendiri.

“Kita juga harap mereka aktif share berbagai kegiatan positifnya di media sosial termasuk PPK ini bisa menjadi ajang promosi dengan teman-teman di luar Lampung sehingga terbentuk akses pergaulan yang luas dan koneksi kuat itu dapat mengajak mereka datang UBL sehingga mereka tahu tentang kita,” Imbuhnya.

Melalui PPK UBL ini, Rektor mengajak maba UBL agar dapat meningkatkan pengetahuan dan kesadaran diri dengan basis prestasi atas kualitas diri dengan berbasis pada pengelolaan intelegensia disemua bidang yang akan diterima ditiap maba.

“PPK UBL diharapkan dapat membangkitkan promosi ekosistem pendidikan (ecoeducation) UBL dikancah nasional. Agar hal ini terwujud, kita sendiri yang harus memulai. Pengelolaan negeri dan bangsa ini harus dibangun dari aktualisasi sains dan penguasaan interdisiplin ilmu. Mahasiswa sebagai aset (SDM) negara harus dibangun dari pengelolaan pendidikan tinggi secara profesional. UBL punya sistem itu tetapi keberhasilan itu terletak pada daya terima, perminatan dan inisiatif ditiap maba itu sendiri,” Jelasnya.

Dalam kesempatan yang sama, Prasetya Wibisono mahasiswa Fakultas Teknik UBL semester 5 sekaligus Juara I Mekhanai Kota Bandar Lampung 2016 mendukung himbauan Rektor UBL dan berharap PPK UBL ini tidak hanya menjadi ajang pengenalan kampus. Berdasarkan pengalamannya, PPK menjadi ajang yang berguna untuk memotivasi mahasiswa baru menjadi duta promosi UBL melalui berbagai kegiatan positifnya. (Rep. BMHK/Ed. AX)

Tags:

Related posts: