Bandar Lampung— Ada yang berbeda di Kampus RM Barusman, Universitas Bandar Lampung (UBL) pada hari ini, Jumat (22/2/19). Hiasan dekorasi dan penjor bernuansa Bali tampak menghiasi beberapa sudut kampus menyambut ratusan umat Hindu dari berbagai daerah di Provinsi Lampung.

Ya, hari ini digelar kegiatan Widya Dharma Bakti, bertempat dilapangan parkir gedung C UBL yang bertema Meningkatkan Intelektual Generasi Hindu Serta Melestarikan Seni Budaya. Kegiatan yang digelar oleh Unit Kegiatan Mahasiswa Hindu (UKMHD) UBL ini tampak semarak dengan berbagai perlombaan.

Ketua Umum UKMHD UBL, Wayan Adi Sanjaya membenarkan hal tersebut. “UKM Hindu UBL hari ini menggelar kegiatan Widya Dharma Bakti Widya yang menjadi ajang unjuk kebolehan para peserta dalam berbagai perlombaan seperti Darmawacana, Balaganjur, Kidung, Yoga, Tari, Miniatur Ogoh-Ogoh dan Seloka. Perlombaan ini dibuka untuk umum dan siswa SMA se-Lampung. Lebih dari 40 tim yang mendaftarkan diri untuk ikut serta dalam kegiatan ini dan merupakan program kerja dari UKMHD sendiri untuk ikut melestarikan budaya Hindu,” terang Wayan.

Penampilan salah satu peserta Lomba Baleganjur atau Ensamble Gamelan Bali dari Sanggar Seni Puja Saraswati Raman Utara Lampung Timur

Dr. AKBP. Ketut Seregig, SH, MH selaku Pembina UKM Hindu UBL menyatakan kegiatan ini merupakan pertama kalinya di gelar di tingkat kampus provinsi Lampung. “Ini merupakan pertama kalinya dilaksanakan di seluruh universitas yang ada di provinsi Lampung. Walaupun jumlah mahasiswa beragama Hindu di UBL tidak terlalu banyak, akan tetapi kami sangat disupport untuk kegiatan ini. Saya sangat berterima kasih kepada Rektor UBL dalam hal ini dan semua pihak yang telah mendukung kegiatan ini seperti Forum Alumni, Indomart, Teh Botol Sosro, CV. Raja Arda dan CV. Raja Graha,” ujar Ketut

Sementara itu, Wakil Rektor III UBL, Dr. Bambang Hartono, M.Hum mengungkapkan kebangaannya atas terlaksananya kegiatan ini sebagai wujud toleransi beragama di UBL. “Adanya kegiatan ini sebagai bukti bahwa UBL sangat menghormati perbedaan dan membangun kebersamaan antar umat beragama. Dan juga diharapkan dapat meningkatkan kualitas pendidikan dan pelestarian seni dan budaya dalam membangun wawasan kebhinekaan dan kebangsaan,” ungkap Bambang pada saat pembukaan kegiatan ini.

Penampilan salah satu peserta Lomba Tari Penjembrahma dari SMA Kota Gajah

Kegiatan yang berlangsung dari pagi sampai sore hari ini disebar di beberapa tempat di lingkungan kampus UBL. Para peserta terlihat sangat antusias mengikuti setiap perlombaan yang memperebutkan hadiah berupa uang pembinaan, trofi, sertifikat, dan beasiswa program sarjana dari UBL. Sanggar Seni Puja Saraswati Raman Utara Lampung Timur berhasil membawa pulang trophy Juara Umum yang diserahkan langsung oleh Pembina UKM Hindu UBL Dr. AKBP. Ketut Seregig, SH, MH.

Share this: