Universitas Bandar Lampung (UBL) menerima dana Beasiswa Bidik Misi yang dikirimkan secara langsung ke rekening pribadi sebanyak 36 orang Mahasiswa penerima Beasiswa Bidik Misi dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti) Kementerian  Pendidikan  Nasional pada akhir Desember 2012 lalu. Mahasiswa penerima Beasiswa Bidik Misi ini terdiri dari 6 orang Mahasiswa Fakultas Teknik Program Studi Teknik Sipil dan 30 orang Mahasiswa Fakultas Ekonomi Program Studi Ekonomi Manajemen UBL. Demikian ungkap Wakil Rektor III UBL Bidang Kemahasiswaan, Drs. Thontowie, M.S., saat ditemui dikantornya kemarin, Kamis (3/1).

Wakil Rektor III UBL juga menambahkan bahwa selain  diberikan kepada Perguruan Tinggi Negeri (PTN), mulai tahun 2012 Pemerintah melalui Ditjen Dikti juga memberikan Beasiswa Bidik Misi ini kepada Perguruan Tinggi Swasta (PTS). Dan pada tahun akademik 2012 ini, UBL mendapatkan kuota terbanyak dibandingkan dengan perguruan tinggi lain khususnya PTS di Lampung yakni sebanyak 36 Kuota Beasiswa Bidik Misi dari Ditjen Dikti untuk diberikan kepada Mahasiswa Program Studi Teknik Sipil dan Program Studi Ekonomi Manajemen.

“Beasiswa ini diperuntukkan khusus bagi mahasiswa yang memiliki potensi akademik memadai dan kurang mampu secara ekonomi. Bantuan yang diberikan oleh pemerintah berupa bantuan  biaya  penyelenggaraan pendidikan  dan  bantuan  biaya  hidup yang bertujuan agar mahasiswa tidak putus kuliahnya karena terhalang biaya hidup. Hal tersebut tentu sangat membantu mahasiswa dalam meringankan biaya pendidikan dan biaya operasional yang harus ditanggung mahasiswa selama perkuliahan berlangsung. Diharapkan nantinya mahasiswa  dapat  berprestasi  serta  menyelesaikan  studinya  dengan  lancar dan  tepat  waktu,  yang  akhirnya  dapat  ikut  andil  dalam  meneruskan perjuangan bangsa, memutus mata rantai kemiskinan.” tutur Wakil Rektor III UBL.

Salah satu mahasiswi penerima Beasiswa Bidik Misi dari Program Studi Ekonomi Manajemen UBL, Elvira Sisilia, mengungkapkan bahwa dia menerima secara langsung dana beasiswa bidikmisi yang diberikan oleh Pemerintah pada Rabu (26/12) lalu melalui rekening pribadinya. Elvira juga menambahkan bahwa dana beasiswa yang  telah diterima ini akan digunakan untuk membayar biaya kuliah, biaya kost, dan transport sehari-hari.

“Saya sangat bersyukur dan bangga mendapatkan beasiswa bidikmisi ini karena dapat meringankan beban orangtua yang selama ini cukup sulit membiayai kuliah dan biaya hidup saya.” ujar dara Alumni SMA Negeri 2 Metro ini.

Selain Elvira, Mahasiswa Prodi Teknik Sipil, Nurul Hidayat, menyatakan bahwa dirinya tidak menduga bahwa Pemerintah menyediakan fasilitas Beasiswa Bidik Misi bukan hanya di PTN namun juga di PTS seperti UBL ini.

“Pada awalnya saya mengira Pemerintah hanya menyediakan fasilitas Beasiswa Bidik Misi di PTN namun ternyata di PTS juga sehingga saya memilih UBL dan bisa mendapatkan Beasiswa Bidik Misi ini.” tutur Alumnus SMK Negeri 1 Ketapang Lampung Selatan ini.

Sedangkan M. Enriko Tosulpa, Mahasiswa Teknik Sipil alumnus SMA Negeri 3 Bandar Lampung mengungkapkan bahwa selain 36 orang penerima Beasiswa Bidik Misi ini, Mahasiswa UBL lainnya juga berkesempatan mendapatkan beasiswa dari Yayasan Administrasi Lampung (YAL) baik beasiswa prestasi akademik, beasiswa prestasi non-akademik dan beasiswa sosial sehingga beasiswa ini dapat menjadi motivasi bagi Mahasiswa untuk terus meningkatkan prestasi khususnya di bidang akademik karena beasiswa ini merupakan tanggung jawab bagi penerimanya.

Senada dengan hal tersebut, Kepala Biro Pembinaan Kemahasiswaan dan Hubungan Alumni (BPKHA), Dra. Yulfriwini, M.T., juga mengungkapkan bahwa Beasiswa Bidik Misi mulai diberikan Pemerintah kepada Perguruan Tinggi Swasta (PTS) mulai tahun 2012, sedangkan UBL telah memberikan kesempatan beasiswa kepada seluruh mahasiswa sejak tahun 2010 hingga 2012 pada Program Beasiswa Peduli Anak Bangsa (PB-PAB) yang dibuka untuk 12 Program Studi yang ada di UBL diantaranya Ilmu Hukum, Ekonomi Manajemen, Ekonomi Akuntansi, Teknik Sipil, Teknik Mesin, Teknik Arsitektur, Ilmu Administrasi Publik, Ilmu Administrasi Bisnis, Ilmu Komunikasi, Teknik Informatika, Sistem Informasi, dan Pendidikan Bahasa Inggris.

“Beasiswa PB-PAB maupun beasiswa bidikmisi yang diberikan kepada Mahasiswa UBL ini diharapkan dapat menjadi motivasi bagi Mahasiswa untuk terus meningkatkan prestasinya khususnya di bidang akademik karena penerima beasiswa ini merupakan bagian dari harapan keluarga pada masa depan. Harapannya mereka dapat menjadi pionir masa depan keluarga dan pendidikan yang mereka tempuh menjadi sarana mobilitas menuju perbaikan ekonomi keluarga.” ujar Kepala BPKHA.

Hingga saat ini, sebanyak 500an mahasiswa UBL yang tersebar pada 12 prodi tersebut berhasil meraih beasiswa pendidikan baik beasiswa prestasi akademik, prestasi non-akademik, hingga beasiswa sosial. Beasiswa ini mereka raih melalui seleksi berkas berdasarkan standar besaran Indeks Prestasi (IP) semester yang telah ditentukan sebelumnya. Karena beasiswa ini merupakan tanggung jawab bukan hadiah maka beasiswa ini akan tetap dievaluasi pada tiap semester sehingga mahasiswa penerima beasiswa dapat terus komitmen dalam meningkatkan prestasinya agar tetap mendapatkan beasiswa pendidikan ini hingga menyelesaikan studinya pada program Strata 1 (S1) ini.

Untuk diketahui, penerima beasiswa UBL tidak hanya berasal dari berbagai Kabupaten/ kota di Bandar Lampung namun juga berasal dari luar Provinsi Lampung diantaranya Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, DKI Jakarta, Sumatera Utara, Sumatera Selatan, Sulawesi Selatan, Nanggroe Aceh Darusalam (NAD) dan lain-lain. Bahkan penerima beasiswa UBL juga berasal dari Warga Negara Indonesia yang menetap di Malaysia.

Share this:
Hubungi Kami whatsapp