Bandar Lampung – Universitas Bandar Lampung (UBL) mengirimkan lima mahasiswanya masing masing Sherly Armani, Ike Pramita Kusuma dan Levi Saputra dari program studi (prodi) Teknik Sipil kemudian Heni Putri dan Egi Pratama Putra, prodi Akuntansi untuk melaksanakan Program Magang Mahasiswa Bersertifikat (PMMB). Serah terima mahasiswa dilaksanakan oleh pihak UBL kepada PT. Bank Tabungan Negara (BTN) (Persero) Tbk. bertempat di PT. BTN kantor cabang Bandar Lampung, Jumat (08/03/2019).

Indriati Agustina Gultom, Kepala Biro Humas, Marketing dan Kerjasama UBL yang mendampingi penyerahan mahasiswa ini mengatakan UBL sudah melakukan kerjasama dengan Forum Human Capital Indonesia (FHCI). “UBL sudah melakukan kerjasama dengan FHCI yang merupakan forum komunikasi pemagangan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) bersertifikasi di Indonesia,” ujar Indri saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa (12/03/2019).

Indri juga menyampaikan tidak hanya di PT. BTN, UBL juga mengirimkan lima mahasiswa ke dua perusahaan lainnya. Tiga orang yaitu Yessy Purnamasari, Welia Dwi Safitri dan Puput Nasoha Isnaeni dari prodi Manajemen di Perum Bulog Divisi Regional Lampung dan dua orang yaitu Jorgi Arianto dari prodi Teknik Sipil dan Imam Hidayah, prodi Informatika di PT. Perkebunan Nusantara VII (PTPN VII).

“Program pemagangan ini merupakan program pemerintah melalui Kementerian BUMN, dimana perusahaan (BUMN) dan Universitas memberikan kesempatan bagi mahasiswa terpilih untuk dapat bekerja selama enam bulan dan mendapatkan sertifikasi industri sebagai bagian dari kompetensi. Mahasiswa akan mendapatkan pengalaman bekerja secara nyata di perusahaan tersebut,” tambah Indri.

Hani Putri salah satu mahasiswa UBL yang mengikuti program ini mengatakan kegiatan ini merupakan kesempatan yang luar biasa untuk belajar dunia kerja yang sesungguhnya. “Saya ditempatkan di bagian Accounting tapi nantinya di rolling. Alhamdulillah, pihak kampus memberikan kesempatan untuk ikut program ini, jadi dari kegiatan ini kami bisa tau dan belajar dunia kerja yang sesungguhnya itu bagaimana. Jadi tau susah, ribet dan senangnya dunia kerja,” ujar Hani via pesan elektronik.

Penandatangan MoU antara UBL dan Forum Human Capital Indonesia (FHCI) di Makassar yang diwakili oleh Wakil Rektor I UBL Hery Riyanto (batik merah, paling kanan), November 2018.

Sementara itu Wakil Rektor I Bidang Akademik, Hery Riyanto menyambut baik implementasi dari kerja sama UBL dengan FHCI sebagai bagian dari kegiatan untuk mempersiapkan mahasiswa UBL dalam menghadapi dunia kerja. “Saya menyambut baik implementasi dari MoU antara UBL dan FHCI yang ditandatangani beberapa waktu yang lalu. UBL merupakan satu satunya kampus swasta di provinsi Lampung yang terpilih untuk ikut tergabung dalam forum ini dan dapat mengirimkan mahasiswanya untuk melaksanakan program magang di BUMN,” tutup Hery.

Share this: