Bandar Lampung – Lomba Kompetensi Siswa (LKS) XXVII Sekolah Menengah Kejuaraan (SMK) tingkat Kota Bandar Lampung Tahun 2019 kembali digelar oleh Musyawarah Kerjasama Kepala Sekolah (MKKS) Bandar Lampung bekerjasama dengan Universitas Bandar Lampung (UBL) pada 16 sampai dengan 17 Januari 2019 yang ditandai dengan pembukaan bertempat di Gedung Auditorium Kampus Dra. Hj. Sri Hayati Barusman Pascasarjana UBL, Rabu 16/1/2019.

Kegiatan ini diikuti oleh 62 SMK di Bandar Lampung dengan total jumlah peserta 124 siswa. Ada 12 jenis perlombaan dalam kegiatan ini yaitu automobile technology, welding, CNC turning, CAD mechanical enginering, electrical installation, electrical application, networking support, web design, graphic design technology, IT Software solution for business, restaurant service, dan fashion technology. Adapun tempat perlombaan di sebar di empat tempat yaitu SMK 2 Bandar Lampung, SMK 2 Mei Bandar Lampung, SMK 3 Bandar Lampung dan UBL.

Ketua MKKS Kota Bandar Lampung Drs. Moh. Edy Harjito pada saat membuka acara ini mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk menjaring siswa-siswi SMK berprestasi. “Kegiatan ini bertujuan untuk menjaring siswa-siswi berprestasi untuk dapat mengikuti lomba di jenjang yang lebih tinggi yaitu tingkat provinsi, nasional, Asia dan tingkat dunia. Ini juga merupakan tahun kedua MKKS bekerjasama dengan UBL, kami sangat mengapresiasi pihak UBL yang terus mendukung kegiatan ini sekaligus menjalin silaturahmi antara universitas dengan SMK untuk menjaga netralitas dan objektivitas lomba,” ujar Edy, Rabu (16/01/2019).

Dalam sambutannya Direktur Pusat Pengembangan Inovasi dan Kewirausahaan (PPIK) UBL, Ir. Indriati Agustina Gultom, MM., mengatakan UBL sangat mendukung sepenuhnya kegiatan lomba kompetensi ini. “Kami berkomitmen mendukung kegiatan lomba kompetensi seperti ini dan memberikan apresiasinya atas kepercayaan yang telah diberikan kepada UBL selama 2 tahun berturut turut menjadi bagian dari kegiatan ini. Selamat datang dan selamat berjuang untuk para peserta, kita mencari yang terbaik dari yang terbaik. Sebagai bentuk komitmen, kami memberikan beasiswa untuk pemenang dalam kegiatan ini, juara dari setiap perlombaan akan mendapat poin khusus untuk memperoleh beasiswa pendidikan tinggi sampai dengan 100%” kata Indri.

Dalam kegiatan ini turut hadir pula Kepala Unit Pelaksanaan Teknik Dinas (UPTD) wilayah 1 Dinas Pendikan dan Kebudayaan Provinsi Lampung Drs. H. Sunardi, M.Pd., yang juga membuka acara ini. Selain itu hadir pula Ketua MKKS Provisi Lampung Jumadi, S.Pd., dan seluruh Kepala Sekolah SMK se- Bandar Lampung.

Share this: